Sunday 24 November 2013

STATUS SINABUNG DINAIKKAN AWAS

STATUS SINABUNG DINAIKKAN AWAS

Terus meningkatnya aktivitas Gunung Sinabung, maka PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status G. Sinabung dari Siaga (level 3) menjadi AWAS (level 4) terhitung mulai tanggal 24 November 2013 pukul 10.00 Wib. Kenaikan status AWAS ini telah dilaporkan Kepala PVMBG kepada Kepala BNPB. BNPB bersama BPBD Sumut, Komandan Tanggap Darurat Erupsi G. Sinabung segera mengambil langkah-langkah terkait kenaikan status gunungapi tersebut.

Status Awas adalah status tertinggi dari aktivitasnya gunungapi diperkirakan akan terjadi letusan lagi. Dinaikkan status AWAS karena diindikasikan dengan peningkatan intensitas letusan dan makin meluasnya lontaran material berukuran 3-4 cm hingga mencapai jarak 4 km. Direkomendasikan masyarakat yang bermukim di radius 5 km dari kawah G. Sinabung untuk diungsikan terlebih dahulu. Perkiraan awal sekitar 15.000 jiwa masyarakat yang tinggal di radius 5 km harus mengungsi. Saat ini persiapan evakuasi sedang disiapkan.

Sebanyak sekitar lebih dari 500 personil dari BNPB, BPBD Sumut, TNI, Polri, SKPD dan relawan dikerahkan dalam penanganan erupsi G. Sinabung.

Kebutuhan mendesak yang diperlukan adalah kendaraan truk untuk evakuasi jika ada peningkatan status G. Sinabung atau antisipasi untuk kondisi terburuk. Kebutuhan lain adalah permakanan, masker, sandang, selimut, tikar, makanan bayi, sanitasi, psikososial dan layanan kesehatan.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

No comments:

Post a Comment