Sunday 7 June 2015

Sinabung Dinaikkan Statusnya dari SIAGA (Level III) ke AWAS (Level IV) Terhitung Tanggal 2 Juni 2015 Pukul 23:00 WIB

Sinabung 2 Juni 2015 dinaikkan statusnya dari SIAGA (level III) ke AWAS (level IV) terhitung tanggal 2 Juni 2015 Pukul 23:00 WIB.

Berdasarkan pemantauan visual, terjadi peningkatan volume kubah lava.
Berdasarkan pemantauan instrumental terjadi peningkatan energi dan jumlah gempa vulkanik, juga terpantau inflasi pada pemantauan deformasi arah radial.

Rekomendasi:
Masyarakat yg bermukim dalam jarak/radius 7 km untuk sektor Selatan-Tenggara (Pasarpinter Gurukinayan-Simpang Sibintun/Perjumaan Batukejan, Jembatan Lau Benuken Tigapancur, Desa Tigapancur-Perjumaan Tigabogor, Desa Pintumbesi, agar dievakuasi ke tempat yg aman.

Bila terjadi serangkaian awan panas guguran dan peningkatan ancaman bahaya yang lebih besar agar dilakukan penutupan jalur jalan: Jln Raya Simpang-Gurukinayan-Simpang Sibitun-Jembatan Lau Benuken Tigapancur - Ojolali - Tigapancur - Simpang Begading dan Perjumaan Tigabogor.

Yg telah direkomendasi untuk direlokasi (2010): Desa Sukameriah, Desa Berkerah dan Desa Simacem. Rekomendasi 2013 yg harus direlokasi : Desa Gurukinayan, Desa Kotatonggal, Desa Berastepu dan Dusun Sibintun, serta Desa Gember.

Data : PVMBG.

No comments:

Post a Comment